Tentang Kompetisi Bisnis

Kompetisi Bisnis adalah platform kompetisi pengajuan proposal bisnis, yang dilakukan secara online. Visi Kompetisi Bisnis adalah memberi permodalan dan pendanaan yang tepat, efektif, dan efisien kepada perusahaan pemenang kompetisiyang pada akhirnya akan memberikan keuntungan lebih untuk perusahaan maupun investor.

Kompetisi Bisnis akan diadakan secara berkala. Untuk edisi perdana, Kompetisi Bisnis mengambil tema fashion (clothing & apparel).

Mengapa pakaian?

Selama ini pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Dari waktu ke waktu bisnis itu tak ada habis-habisnya, terutama untuk sisi kreativitas dan inovasi.

Di Indonesia sendiri, nilai bisnis pakaian mencapai Rp 20 triliun per tahun, dengan sebagian besar aktif dilakukan oleh pengusaha kecil dan menengah.

Yang dimaksud fashion (clothing & apparel) di sini tidak terbatas pada produsen, melainkan semua aktivitas bisnis sepanjang rantai suplai industri pakaian, seperti desain, input, produksi, konveksi, distribusi hingga marketing.

Saat ini tidak banyak pengusaha muda yang bergerak di industri bisnis pakaian, terutama indie fashion (clothing & apparel), yang dapat mencapai critical mass untuk mencukupi kebutuhan pasar akibat beberapa kendala terutama dari sisi permodalan. Hal ini juga menyebabkan pengusaha muda sulit bersaing di level regional ataupun global.

Kompetisi Bisnis hadir untuk membantu memberikan solusi atas masalah permodalan dengan misi mencari perusahaan pakaian yang kreatif dan inovatif untuk dibantu dari sisi permodalan sehingga perusahaan tersebut dapat berkembang dan pada akhirnya akan memberikan keuntungan tidak hanya kepada pengusaha muda dan investor tersebut tapi juga memberikan nilai tambah ke industri pakaian di Indonesia.

 

Tentang Perusahaan

Kompetisi Bisnis dicetuskan oleh PT. LiMa Ventura (5Ventura), salah satu anak perusahaan LiMa Group. Pendirian perusahaan modal ventura ini dimaksudkan untuk meningkatkan penetrasi dan memperluas ragam industri yang bisa ditangani LiMa Group serta, untuk meningkatkan skala investasi baik dari partner nasional maupun internasional.

Tujuan perusahaan ini adalah menjadi solusi permodalan dan finansial bagi masyarakat kecil khususnya dan masyarakat menengah pada umumnya. Caranya adalah dengan menyediakan produk permodalan yang inovatif dan berstandar layanan perbankan di Indonesia dengan didasari oleh perilaku etikal, semangat kekeluargaan, dan prinsip kehati-hatian sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Segaris dengan dengan jargon “Sahabat Usaha Terpercaya” yang dicanangkan, PT. LiMa Ventura memiliki visi: “Menjadi mitra dan sahabat terpercaya bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah menuju Indonesia lebih sejahtera”.

LiMa Ventura merupakan Perusahaan Modal Ventura (Venture Capital Company), yakni salah satu bentuk usaha di bidang lembaga pembiayaan non-bank yang berperan penting dalam pengelolaan sumber pembiayaan pembangunan, di mana kegiatan usahanya di Indonesia diatur melalui Keputusan Presiden Nomor 61 Tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan yang kemudian diperbarui dengan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2009 tentang Lembaga Pembiayaan.

Perusahaan Modal Ventura merupakan badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam Perusahaan Pasangan Usaha (Investee Company) untuk jangka waktu tertentu.