Perusahaan yang dapat mengikuti Kompetisi Bisnis adalah perusahaan mikro, kecil, dan menengah, yang memenuhi kriteria berikut:

  1. Memiliki entitas bisnis yang berlaku sesuai ketentuan pemerintah
  2. Memiliki catatan keuangan yang baik
  3. Memiliki SOP
  4. Memiliki potensi pasar yang baik
  5. Memiliki struktur organisasi yang jelas

Setiap bisnis yang baik seharusnya memiliki business concept/plan (rencana usaha).

Isi business concept/plan:

  1. Ringkasan Tujuan Bisnis Anda

Satu halaman tulisan yang berisi misi, visi, dan tujuan bisnis Anda.

  1. Target Market

Siapa yang sebenarnya menjadi sasaran layanan bisnis Anda. Rancanglah sebuah survei untuk menghimpun data demografi dan itu berguna untuk menentukan anggaran biaya.

  1. Kenali Kompetitor

Anda bisa memahami dan menjelaskan dengan gamblang siapa saja kompetitor bisnis Anda, hingga menelusuri kekuatan dan kelemahan mereka. Tentukan keuntungan Anda berkompetisi bisnis dengan rval-rival tersebut.

  1. Sumber Daya Manusia

Apakah Anda membutuhkan tambahan kru dan staf untuk menjalankan bisnis Anda dengan lebih mulus? Jangan lupa untuk membuat daftar kemampuan apa saja yang Anda perlukan untuk bisnis Anda.

  1. Partner dan Suplier

Operasional bisnis Anda tentu membutuhkan partner dan suplier. Seberapa besar sumber daya yang mereka miliki, tentu harus Anda tentukan agar tidak tumpang tindih satu sama lain. Anda juga perlu menentukan dengan bijaksana, partner atau suplier mana saja yang akan Anda pergunakan untuk kebutuhan operasional bisnis sehari-hari.

  1. Marketing Plan

Bagaimana Anda menyalurkan informasi kepada konsumen? Bagaimana Anda dapat menyajikan produk dan layanan Anda tepat ke depan konsumen? Anda membutuhkan rencana pemasaran alias marketing plan agar bisnis Anda berjalan dengan efektif dan efisien.

  1. Operasional

Anda juga membutuhkan cara menjalankan bisnis dengan benar dan tepat. Tentukan cara kerja yang efektif dan efisien untuk menyelesaikan semua tugas operasional dengan mulus.

  1. Proyeksi Finansial

Dalam berbisnis, Anda membutuhkan besaran dana untuk memulai dan/atau menjalankan bisnis. Tentukan besar dana yang Anda butuhkan dengan sejelas-jelasnya, untuk kedua hal tersebut dalam business plan Anda. Tentukan pula seberapa besar tingkat keuntungan (profitability) perusahaan Anda.

Jadi, INTI isi business concept/plan adalah:

  1. Halaman Judul (Title Page)
  2. Ringkasan Visi, Misi, Tujuan Bisnis
  3. Deskripsi Perusahaan
  4. Produk dan Layanan
  5. Marketing Plan
  6. Operational Plan
  7. Manajemen
  8. Rencana Keuangan (Financial Plan): berisi jumlah dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis, beserta dengan alasan-alasannya.

Referensi cara menulis business concept/plan yang baik dapat mengambil dari gambar di bawah ini:

business-plan-infographic(1)

Peserta disarankan untuk menyusun dokumen rencana usaha maksimal 3-5 halaman A4 dan/atau tak lebih dari file berukuran 5 MB. Dokumen dikirimkan dapat dalam format PDF atau ZIP (kalau lebih dari 1 file dokumen) ke investasi@kompetisibisnis.parama-indonesia.com dan di-CC-kan ke kompetisi.id@gmail.com. Peserta juga dapat mengunggah dokumen tersebut ke cloud service yang tersedia di internet dan jangan lupa menginformasikan tautan unduhnya ke email tersebut.

PT. LiMa Ventura menjamin kerahasiaan dan hak intelektual dari setiap dokumen yang dikirimkan untuk Kompetisi Bisnis ini.

Dokumen-dokumen itu akan diseleksi dan kemudian masuk ke dalam tahap penjurian. Peserta dapat melihat progres Kompetisi Bisnis dan peluang perusahaan masing-masing melaju ke babak selanjutnya, HANYA di situs ini (kompetisibisnis.parama-indonesia.com).

Jadwal lengkap dapat dilihat pada tabKAPAN” dan para peserta diharapkan terus memantau tabINFO” untuk melihat perkembangan terkini Kompetisi Bisnis ini.